Satu Desa Satu Produk
One Vilage One Product (Ovop) dirintis oleh Prof. Morihiko Hiramatsu yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Oita, Jepang tepatnya pada 1980. Lantas konsep ini berkembang atau diduplikat oleh negara-negara ASEAN diantaranya Malaysia, Philipina, Indonesia, Kamboja, Vietnam, Thailand), negara-negara di Asia Selatan, Afrika, Eropa Timur , dan Amerika Selatan.
Produk daerah
Kenapa Ovop begitu populer di dunia? Karena dengan konsep Ovop ini, dimana suatu daerah menetapkan satu produk yang memiliki keunikan untuk dikembangkan sehingga akan memberikan nilai tambah pada produk tersebut. Yang selanjutnya akan memberikan kontribusi pendapatan cukup besar bagi daerah tersebut, karena produknya memiliki keunggulan dan masuk di pasar internasional.
Dalam sepuluh tahun terakhir, Ovop terus dikembangkan hampir seluruh negara di dunia, dan produk-produknya mendapat respon cukup besar dari buyers di setiap negara. Konsep Ovop sendiri adalah mengutamakan produk unik yang terdapat pada daerah, bahkan produk tersebut menjadi ikon atau lambang daerah tersebut. Keunikan tersebut menyangkut kultur budaya, lingkungan, bahan baku, pengerjaan, dan proses produksinya. Jadi produk Ovop adalah produk suatu daerah dengan keunikan yang tidak dimiliki daerah lain. Karena keunikannya dan proses produksinya yang langka, sehingga akan memberikan nilai tambah produk tersebut. Selanjutnya daerah Ovop menjadi menarik, dan bisa dijadikan tujuan wisata bagi turis asing. Tentu ini menjadi peluang bisnis baru, yang juga akan memberikan kontribusi bagi daerah tersebut.
Di Indonesia
Ovop di Indonesia umumnya adalah UKM yang konsisten menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dan terus mendapat bimbingan serta aneka bantuan dari pemerintah. Hal ini berkaitan demgan produk yang dihasilkan mewakili identitas daerah bahkan negara. Dimana produk-produknya mencerminkan keunikan suatu daerah atau desa.
Dengan keunggulan yang dimiliki, maka produk tersebut dapat meningkatkan pendaptan bagi daerahnya, melaluji kunjungan turis, membuka lapangan pekerjaan, dan meningkatkan ketrampilan SDM. Di Indonesia terdapat sekitar 74.000 desa yang memiliki keunikan atau ciri khas. Dimana mayoritas atau sekitar 65% penduduknya masih tergolong miskin, berpendapatan rendah. Dan mayoritas desa-desa tersebut eksis disektor pertanian atau agrikultur. Dengan kultur tersebut, sangat potensial dikembangkan Ovop.
Untuk di Bali khususnya saat ini telah ditetapkan dua desa sebagai pelaksana Ovop yakni desa Pejaten untuk spesialisasi keramik, dan desa Sulahan (Bangli) spesialisasi anyaman bambu. Bali memang punya ciri khas untuk produk kerajinan, sesuai kreativitas dan inovasi masyarakatnya dengan berbasis budaya lokal. “Disini peran desain sangat menentukan, disesuaikan dengan permintaan pasar,” kata I Made Raka Metra, Direktur Desaign Development Organization. Di Bali industri kerajinan memberikan kontribusi pendpatan daerah cukup besar sekitar 70%. Diharapkan dengan adanya pengembangan Ovop total ekspor meningkat pesat, tambahnya.
Diantara Negara-Negara Yang Menerapkan Ovop
Asia (Indonesia, Malaysia, China, Laos, Philipina, Myanmar, Kamboja, Singapura, Thailand, Vietnam, Mongolia, Korea, Taiwan, Bangladesh, Timor Leste, Srilangka, Moldova)
Afrika (Mozambiq, Tunisia, Malawi, Madagaskar, Liberia, Kenya, Ethiopia, Ghana, Kingdom of Leshoto)
Amerika (Costarica, Ekuador, Mexico, Bolivia, Chile, Elsavador, Columbia, Peru, Paraguay, Argentina, Venezuela, Afrika Selatan, Brazil)
DAFTAR SENTRA BINAAN OVOP
NO
|
LOKASI
|
KOMODITI
|
FOKUS
|
|
1
|
Kel. Manggis
|
Keripik Sanjai
|
Keamanan Pangan dan
|
|
Ganting
|
Balado
|
Kemasan
|
||
Kec. Mandiangin
|
||||
Kota Bukit Tinggi
|
||||
Prov. Sumbar
|
||||
2
|
Sungai Jawi, Pontianak
|
Olahan Lidah
|
Keamanan Pangan dan
|
|
Barat,
|
Buaya
|
Kemasan Pangan
|
||
Siantan Hulu, Pontianak
|
||||
Utara
|
||||
Belitung, Pontianak
|
||||
Selatan
|
||||
Kota Pontianak
|
||||
Prov. Kalbar
|
||||
3
|
Ds. Bandorasa Wetan
|
Olahan Ubi
|
Keamanan Pangan dan
|
|
Kec. Cilimus
|
Jalar (makanan
|
Kemasan Pangan
|
||
Kab. Kuningan
|
ringan berbasis
|
|||
Prov. Jawa Barat
|
ubi jalar) dan
|
|||
Minuman Jeruk Nipis
|
||||
4
|
Kec. Bumiaji,
|
Olahan Apel
|
Keamanan Pangan dan
|
|
Kec. Batu
|
(Makanan ringan
|
Kemasan Pangan
|
||
Kota Batu
|
dan minuman)
|
|||
Prov. Jatim
|
||||
5
|
Malino
|
Olahan Markisa
|
Keamanan Pangan dan
|
|
Kec. Tinggimoncong
|
(sirup dan dodol)
|
Kemasan Pangan
|
||
Kab. Gowa
|
||||
Prov. Sulsel
|
||||
6
|
Mojo Tengah
|
Carica dan
|
Keamanan Pangan dan
|
|
Kalianget
|
Kentang
|
Kemasan Pangan
|
||
Jarak Sari
|
||||
Kab. Wonosobo
|
||||
Prov. Jateng
|
||||
7
|
Ds. Ciwidey
|
Olahan
|
Keamanan Pangan dan
|
|
Kab. Bandung
|
Strawberry
|
Kemasan Pangan
|
||
Prov. Jabar
|
||||
8
|
Kec. Palu Barat
|
Bawang
|
Keamanan Pangan dan
|
|
Kec. Palu Timur
|
Goreng
|
Kemasan Pangan
|
||
Kec. Tanantovea
|
||||
kec. Palu Selatan
|
||||
Kota Palu
|
||||
Prov. Sulteng
|
||||
Ds. Maku,
|
||||
Kec. Dolo
|
||||
Kab. Donggala
|
||||
Prov. Sulteng
|
||||
9
|
Ds. 1/9/10 Ulu
|
Kerupuk Ikan dan
|
Keamanan Pangan dan
|
|
Kota Palembang
|
Pempek
|
Kemasan Pangan
|
||
10
|
Ds. Tanjung Karang
|
Keripik Pisang dan
|
Keamanan Pangan dan
|
|
Barat
|
Singkong
|
Kemasan Pangan
|
||
Kota Bandar Lampung
|
||||
11
|
Ds. Sampalan dan
|
Tenun
|
Peningkatan mutu,
|
|
Nusa Penida
|
desain dan promosi/
|
|||
Kab. Klungkung
|
pemasaran
|
|||
Prov. Bali
|
||||
12
|
Ds. Halaban
|
Tenun
|
Peningkatan mutu,
|
|
Kec. Lareh Sago
|
desain dan promosi/
|
|||
Kab. Limapuluhkota
|
pemasaran
|
|||
Prov. Sumbar
|
||||
13
|
Kel. Tuan Kentang
|
Tenun
|
Peningkatan mutu,
|
|
Kec. Seberang Ulu 1
|
desain dan promosi/
|
|||
Kota Palembang
|
pemasaran
|
|||
Prov. Sumsel
|
||||
14
|
Ds. Klego
|
Tenun
|
Peningkatan mutu,
|
|
Kec. Pekalongan Timur
|
desain dan promosi/
|
|||
Ds. Medono
|
pemasaran
|
|||
Kec. Pekalongan Barat
|
||||
Kota Pekalongan
|
||||
Prov. Jateng
|
||||
15
|
Ds. Muara Penimbang
|
Tenun
|
Peningkatan kewirausahaan,
|
|
Kec. Indralaya
|
mutu dan desain
|
|||
Kab. Ogan Ilir
|
||||
Prov. Sumsel
|
||||
16
|
Ds. Troso
|
Tenun
|
Peningkatan kewirausahaan,
|
|
Kec. Pecangakan
|
mutu dan desain
|
|||
Kab. Jepara
|
||||
Prov. Jateng
|
||||
17
|
Kab. Buleleng
|
Tenun
|
Peningkatan kewirausahaan,
|
|
Prov. Bali
|
mutu dan desain
|
|||
18
|
Kec. Ngadirojo
|
Batik
|
Peningkatan kewirausahaan,
|
|
Kab. Pacitan
|
mutu dan desain
|
|||
Prov. Jatim
|
||||
19
|
Ds. Pakumbulan
|
Anyaman
|
Peningkatan
|
|
Kec. Pekajangan
|
Akarwangi
|
daya saing produk
|
||
Kab. Pekalongan
|
||||
Prov. Jateng
|
||||
20
|
Ds. Cepogo
|
Kerajinan
|
Peningkatan
|
|
Kec. Cepogo
|
Tembaga
|
daya saing produk
|
||
Kab. Boyolali
|
||||
Prov. Jateng
|
||||
21
|
Ds. Rajapolah
|
Anyaman
|
Peningkatan
|
|
Kec. Rajapolah
|
daya saing produk
|
|||
Kab. Tasikmalaya
|
||||
Prov. Jabar
|
||||
22
|
Kec. Plered
|
Gerabah /
|
Peningkatan
|
|
Kab. Purwakarta
|
Keramik
|
daya saing produk
|
||
Prov. Jabar
|
Hias
|
|||
23
|
Ds. Kasongan
|
Gerabah /
|
Peningkatan
|
|
Kec. Kasihan
|
Keramik
|
daya saing produk
|
||
Kab. Bantul
|
Hias
|
|||
Prov. D.I.Y
|
||||
24
|
Ds. Sentolo
|
Anyaman
|
Peningkatan
|
|
Kab. Kulonprogo
|
daya saing produk
|
|||
Prov. D.I.Y
|
||||
25
|
Ds. Panglipuran
|
Kerajinan
|
Peningkatan
|
|
Kab. Bangli
|
Bambu
|
daya saing produk
|
||
Prov. Bali
|
||||
26
|
Ds. Pejaten
|
Gerabah /
|
Peningkatan
|
|
Kab. Tabanan
|
Keramik
|
daya saing produk
|
||
Prov. Bali
|
Hias
|
|||
27
|
Ds. Banyumulek
|
Gerabah /
|
Peningkatan
|
|
Kab. Lombok Barat
|
Keramik
|
daya saing produk
|
||
Prov. NTB
|
Hias
|
|||
28
|
Kec. Praya Timur
|
Anyaman Ketak
|
Peningkatan
|
|
Kab. Lombok Tengah
|
daya saing produk
|
|||
Prov. NTB
|
||||
29
|
Jakarta
|
Anyaman, Gerabah
|
Peningkatan pemasaran
|
|
Kerajinan Tembaga
|
||||
30
|
Jawa, Sumatera,
|
Kerajinan
|
Perluasan lokus OVOP
|
|
Kalimantan, Bali,
|
||||
Nusa Tenggara
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar